in

BKIPM Bersama DKP Jateng Tebar 30 Ribu Benih Ikan di Wonosobo

Wonosobo, UP Radio – Dalam rangkaian Bulan Mutu Karantina Ikan Tahun 2020, BKIPM Semarang gelar acara BKIPM Peduli Lingkungan di kabupaten Wonosobo.

Kegiatan ini digagas oleh BKIPM Semarang bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah  dan  Pemerintah Kabupaten Wonosobo dengan menggelar kegiatan Restoking Benih Ikan di Sungai Songgoluwang, Wonokerto – Wonosobo.

Kepala Balai Karantina Ikan dan Peningkatan Mutu (BKIPM) Semarang R Gatot Perdana mengatakan kegiatan ini dilakukan setelah dilakukan evaluasi dan monitoring semakin berkurangnya ikan endemik.

“Saat ini jenis-jenis ikan endemik di wilayah Wonosobo semakin berkurang yang disebabkan kegiatan penangkapan yangvmasih menggunakan alat/cara yang tidak ramah lingkungan,” terang Gatot.

Gatot berharap, kegiatan Restoking ini bisa mewujudkan program pengelolaan Sumberdaya perikanan yang berkelanjutan. “Restoking merupakan upaya pemerintah dalam mempertahankan Biodiversitas, melestaikan eksistensi spesies dan memelihara kesehatan lingkungan perairan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini ditebar sebanyak 30 ribu benih ikan yang teridiri dari 15 ribu ekor ikan nilem dan 15 ribu benih tawes di Sungai Songgoluwang yang berasal dari Sumbangan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah.  

Acara ini selain dihadiri Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo juga dihadiri Direktorat Pengawasan Pengelolaan SD Perikanan PSDKP, Dinas Pangan, dinasbPertanian dan Perikanan.

BKIPM berharap peran aktif masyarakat dan PokMasWas dalam mendukung upaya menjaga kelestarian sumberdaya perairan.

Pada kesempatan yang sama, masyarakat menyerahkan alat setrum ikan yang telah digunakan sebagai wujud kepedulian dan pelestarian sumber daya ikan di  Sungai. (shs)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

PLN Serahkan Bantuan Mobil Tangki Untuk Pemkot Semarang

PT. KAI Kembali Operasikan KA Sembrani Tujuan Jakarta-Surabaya