in

Gerakan Pelajar Menabung di Jateng Terbaik Nasional

Semarang, UP Radio – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan penghargaan kepada Provinsi Jawa Tengah sebagai provinsi terbaik dalam implementasi Simpanan Pelajar (Simpel) tingkat nasional.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam acara penutupan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2020 secara daring (5/11). 

Anggota Dewan Komisioner OJK, Tirta Segara mengatakan Jawa Tengah dinilai terbaik karena implementasi gerakan simpanan pelajar yang berkembang pesat. Menurutnya, program inklusi keuangan pada generasi penerus sudah dilakukan sejak dini di Jawa Tengah.

“Selamat untuk Jawa Tengah. Kami memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya atas suksesnya implementasi Simpel/Simpel iB di Jawa Tengah,” kata Tirta.

Ia menerangkan, gerakan inklusi keuangan kepada pelajar sangat penting dalam menunjang masa depan mereka. Selain itu, gerakan ini juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

“Upaya Jawa Tengah menggelorakan gerakan simpanan pelajar semakin membesarkan hati kami dan semangat dalam melakukan inklusi keuangan pada masyarakat,” ucap Tirta.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, kesuksesan gerakan inklusi keuangan di Jawa Tengah tidak terlepas dari peran OJK yang selama ini membimbing Jawa Tengah untuk menggalakkan program ini pada pelajar.

“Ini tidak mudah, tapi kami mendorong terus agar pelajar di sekolah-sekolah giat untuk menabung. Melalui gerakan simpanan pelajar dari OJK yang bekerja sama dengan Bank Jateng, kami terus melakukan edukasi ini pada mereka,” kata Ganjar.

Banyak cara yang dilakukan Ganjar untuk menyosialisasikan program ini. Salah satunya adalah menggunakan program Gubernur Mengajar.

Program Gubernur Mengajar yang telah diinisiasi Ganjar sejak lama tersebut merupakan program dimana Ganjar datang ke sekolah-sekolah untuk mengajar. Dalam setiap kesempatan itu, Ganjar selalu membuka ruang dialog dan interaksi dengan para siswa. Terkadang, Ganjar juga membuat kuis dan memberikan hadiah bagi yang bisa menjawab dengan benar.

“Dan sebagai hadiahnya, saya biasanya berikan hadiah berupa tabungan Simpanan Pelajar ini. Ini ternyata cukup merangsang anak-anak untuk menabung. Mungkin ini salah satu cara yang membuat implementasi gerakan pelajar menabung di Jateng bagus, dan sekarang mendapat penghargaan,” pungkasnya. (hum) 

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Paruh Kedua 2020 Lonjakan Traffic Smarfren Mencapai 24 Persen

Kinerja Operator SIKS di Tiap Desa Harus Diawasi