in , , ,

Infrastruktur & Event Internasional Dorong Kenaikan Wisman

Semarang, UP Radio – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang datang dari Bandara Ahmad Yani semakin meningkat.

Data BPS Kota Semarang, kunjungan wisman ke Kota Semarang selama 2019 sebanyak 24.279 wisman. Jumlah tersebut meningkat sebesar 6,68 persen dibanding tahun 2018 yang hanya 22.759 wisman.

Adapun kunjungan wisman pada Desember 2019 tercatat paling tinggi dibanding bulan-bulan sebelumnya yakni mencapai 2.627 wisman.

Terbanyak, dari Malaysia 891 wisman. Kemudian, Singapura 404 wisman, disusul Cina sebamyak 138 wisman. Sisanya dari negara lain diantaranya Amerika Serikat, India, Australia, Inggris, Prancis.

Menurut Kepala BPS Kota Semarang, Erisman, peningkatan jumlah wisman ke Kota Semarang melalui Bandara Ahmad Yani dipengaruhi adanya sarana dan infrastruktur yang semakin baik.

Di sisi lain, Pemerintah Kota (Pemkot) terus menyajikan event berskala internasional. Sehingga, hal itu mampu menarik para wisatawan.

“Destinasi pariwisata yang dikembangkan juga makin tertata dan bersih. Data ini, hanya dimasukkan dari Bandara Ahmad Yani, tidak dari jumlah kunjungan Wisman melalui pelabuhan seperti kapal pesiar,” tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari menargetkan kunjungan wisatawan pada 2020 nanti sebanyak 6,2 juta.

Target tersebut meningkat dari sebelumnya 5,7 juta wisatawan sesuai RPJMD Kota Semarang.

Guna menembus jumlah tersebut, pihaknya terus menyiapkan berbagai terobosan pariwisata dengan meningkatkan kualitas destinasi wisata maupun event yang digelar.

“Kami tingkatkan kualitasnya, mulai dari destinasinya, event-eventnya, kulinernya, termasuk bagaimana membuat para wisatawan bisa membelanjakan uangnya sepenuhnya di Kota Semarang,” terang Iin, sapaannya.

Iin melanjutkan, ada 74 event yang digelar di Kota Semarang sepanjang 2020. 74 event tersebut sudah masuk calender event 2020 Pemkot Semarang.

Dua diantaranya merupakan event bertaraf nasional, yaitu Festival Cheng Ho dan Festival Kota Lama.

Menurutnya, dengan meningkatkan kualitas pariwisata Kota Semarang, kunjungan wisatawan akan semakin meningkat.

Selain meningkatkan sejumlah event, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang saat ini juga terus berupaya menciptakan pusat-pusat kuliner yang dapat menjadi jujukan para wisatawan.

Belum lama ini, Pemkot menghadirkan pusat kuliner di Jalan Depok. Rencananya, Pemkot juga akan menambah pusat kuliner di Jalan Singosari, Veteran, dan Semawis.

“Setelah Depok, nanti Singosari, Veteran, dan Semawis. Tapi, harus kami evaluasi dulu wisata kuliner Depok,” kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

Hendi, sapaannya, meminta dinas terkait memperbaiki infrastruktur di kawasan kuliner Depok agar semakin menarik dikunjungi.

“Evaluasi waktu pembukaan kemarin tidak ada tempat duduk, infrastruktur belum keren. Kalau begini apa bedanya dengan PKL. Maka, ini kami akan perbaiki. Setelah Depok jadi pilot projek baru bergeser lokasi lain,” paparnya. (ksm)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Segera Buka Pendaftaran Ajang Pemilihan Denok Kenang Semarang

Dewan Minta Proses Relokasi SMPN 16 Semarang Dikebut