in

KKN Tematik Terbukti Membawa Manfaat Bagi Masyarakat

Semarang, UP Radio – Program kerja dan kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas PGRI Semarang, yang berfokus pada bidang literasi dan numersi serta pencegahan Covid 19, terserap oleh masyarakat dengan baik.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Rektor IV UPGRIS Ir. Suwarno Widodo dalam acara Seminar Daring Mengawal Kolaborasi PT dan Wilayah untuk Keberlanjutan Program KKNT, yang diselenggarakan Ditjen Dikti bekerja sama dengan BPNPB dan FPT-PRB secara Daring (14/10/2020). 

“Serapan tersebut terbukti dari banyaknya jumlah masyarakat dan daerah yang merasakan manfaat KKNT tersebut. Mahasiswa yang diterjunkan di 42 kabupaten kota, tersebar di 601 kecamatan, serta tersebar di 803 kelurahan dan desa,” terang Suwarno Widodo. 

Dari persebaran tersebut, bisa dikalkulasikan ada 1.279 Mitra KKN penerima manfaat yang berasal dari unsur kepala sekolah, RT, RW, Lurah, dan organisasi kemasyarakatan, dengan jumlah sebanyak 12.400 individu.

“Masyarakat mendapat pendampingan belajar mahasiswa KKNT untuk para siswa yang terdampak Covid-19, serta pelatihan dan pembuatan media pembelajaran inovatif berbasis daring, pembelajaran daring bagi guru, serta pendampingan dan pengasuhan anak-anak terdampak pandemi,” katanya.  

Ia juga menambahkan, program UPGRIS Peduli dan berinovasi pandemi Covid-19 telah berhasil melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bagi dosen, serta webinar berbagai topik untuk sosialisasi protokol kesehatan.

Suwarno berharap ke depan, masyarakat mampu memaksimalkan kemampuan bernalar lewat bahasa, serta kemampuan menganalisis menggunakan angka-angka. Kedua hal itulah yang menjadi fokus KKN tematik tahun ini serta penyadaran kepada masyarakat tentang pencegahan penularan Covid-19. (shs) 

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

XL Axiata Pastikan Karyawan di Yogyakarta Tidak Tertular Covid19

Pemprov Buka Posko Aduan UU Cipta Kerja