in

Mahasiswa Memberi Pencerahan dan Inspirasi Saat KKN

UPGRIS Siap Kolaborasi Kampus Merdeka untuk Desa

Semarang, UP Radio – Lembaga Penelian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) kembali menggelar Webinar untuk Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membangun Desa dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis KKN Menyongsong Merdeka Belajar, di ruang seminar gedung pusat lantai 2 UPGRIS (11/8).

“Gotong Royong menjadi sarana utama untuk membangun masyarakat diwilayah Desa,” ujar Staf Khusus Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nasrun Annahar, saat menjadi pembicara dalam webinar tersebut

Untuk menerapkan hal tersebut, lanjut Nasrun, diawali dengan membangun SDM unggul perdesaan dan selanjutnya membangun transformasi ekonomi perdesaan.

“Monev kampus merdeka untuk desa. Before-after diantaranya self report mahasiswa refleksi pelaksanaan program dokumentasi/publikasi tugas. Manfaat Perkembangan status desa, Pemanfaatan dana desa, Partisipasi masyarakat, Revitalisasi BUMDes,” terangnya.

Sementara itu Direktur Sistem Penanggulangan Bencana Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir Udrekh berharap KKN Tematik Covid-19 Literasi dan Numerasi ini dapat mengkolaborasi program Ditjen Kemdikbud, BNPB, AIPKI, ISMKI, Perguruan Tinggi (UPGRIS), FPT PRB, Pemda, Kemkes dan Stakeholders.

“Tujuan dari program KKN Tematik diantaranya untuk meningkatkan kompetensi dan peran mahasiswa sebagai agent of change untuk masyarakat,” katanya.

Lanjut Udrekh, mahasiswa harus meningkatkan jiwa kerelawanan dan kemampuan kolaborasi, Memacu kontribusi konkrit mahasiswa dalam penanganan Covid-19 dan peningkatan literasi dan numerasi, Mengembangkan kapasitas, pengetahuan, dan mendorong peningkatan kesadaran masyarakat dalam perubahan perilaku adaptasi kebiasaan baru.

Ditambahkan pula, setiap peserta KKN Tematik harus memperkuat kontribusi sebagai piloting implementasi kebijakan kampus merdeka, merdeka belajar serta kampus mengajar.

Nanti setiap peserta KKN Tematik akan melaksanakan tuga di tempat domisili masing-masing (KKN Membangun Desa) yang telahvdi daftarkan di Web Recon Kemdikbud.

Rektor UPGRIS Dr Muhdi menjelaskan kegiatan webinar ini merupkan bentuk kerjasama UPGRIS, Kemendikbud, Kemendesa, dan BNPB.

“Kegiatan ini sebagai bentuk Dharma ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ujar Muhdi.

Dirinya berharap mahasiswa mampu memberikan pencerahan atau inspirasi untuk melaksanakan KKN tematik di desa masing-masing.

“Mahasiswa sudah mempertimbangkan kesehatan serta persiapan di tengah pandemi ini. Bekal yang harus dimiliki mereka adalah bagaimana menjaga diri dan memberi contoh kepada masyarakat,” tegas Muhdi.

KKN tematik UPGRIS 2020 ini diikuti 1218 mahasisw mulai 17 Agustus sampai dengan 17 September 2020 yang terbagi menjadi 103 kelompok dari 21 Prodi. (shs)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

DPR RI Ikut Mengawasi Proyek Jaringan Pipa Gas Ruas Cisem

Marimas Mendorong Pelestarian Warisan Budaya Wayang Potehi