in ,

Mulai Bekerja di Kantor, ASN Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Semarang, UP Radio – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sejak jumat lalu telah mulai bekerja di kantor atau work from office (WFO), dengan menerapkan sistem kerja baru melalui tatanan normal baru.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo agar seluruh ASN di seluruh instansi pemerintah dapat menerapkan sistem kerja baru melalui tatanan normal baru.

Tatanan baru ini ternyata dirasakan sejumlah ASN di Jawa Tengah sebagai model kerja yang lebih sehat dan tidak mengganggu proses yang ada.

Terlihat di Pemprov Jateng, Pintu masuk dan keluar gedung kini telah dipisahkan. Para petugas dari dinas kesehatan pun menyambutnya dengan “menembak” kening mereka menggunakan thermometer gun guna pengecekan suhu badan dan setiap ASN juga wajib mencuci tangan dengan hand sanitizer. Penggunaan masker selama beraktifitas di dalam maupun luar gedung pun dirasakan mereka sebagai gaya hidup yang lebih sehat.

Sistem kerja baru dengan mengoptimalkan layanan masyarakat pada berbagai sektor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini juga diterapkan di seluruh dinas.

Dalam menjalani sistem kerja baru, setiap ASN wajib menggunakan masker saat WFO, menjaga jarak atau social/physical distancing saat bekerja dan menerapkan perilaku sehat di kantor.

Selain itu, setiap acara yang bersifat seremonial atau rapat pun sudah dibatasi jumlah pesertanya, sehingga tidak melanggar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Bagi ASN yang bekerja di kantor (WFO) pun tetap menjaga jarak aman, rutin membersihkan tangan, dan menggunakan masker.

“Awalnya memang agak kurang nyaman, tapi saya rasa masyarakat, pegawai atau karyawan sudah semakin sadar dan tahu akan keberadaan Covid-19, bagaimana berkembangbiak dan transfernya. Jadi harus menjaga diri dan lingkungan,” terang Joko salah satu ASN.

Sebab itu imbauan tentang protokol kesehatan menurutnya saat ini bisa dijalani dengan nyaman. “Akhirnya kan kita bisa menyadari dengan sendirinya apa yang harus dilakukan dan dikerjakan sesuai protokol kesehatan. Anjuran atau imbauan harus kita lakukan sesuai prosedur. Toh, kita makin nyaman dan menjalani pola hidup lebih sehat,” tambahnya yang juga diiyakan ASN lain di Sub Bagian Materi Naskah Pimpinan Biro Umum Pemprov Jateng. (hum)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

PKM Jilid III di Kota Semarang Berlaku Hingga 21 Juni

Pelanggan XL HOME Bisa Main Gim di TV Cukup Pakai Smartphone