Semarang

Pemkot Semarang Akan Bangun Panel Surya di Dua Gedung

Semarang, UP Radio – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang berencana membangun panel surya di gedung Balaikota Semarang dan Gedung Pandanaran.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, Indonesia sebagai negara tropis memiliki potensi panas bumi yang luar biasa, termasuk Kota Semarang. Potensi panas bumi ini bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan panel surya.

“Kawan-kawan merasakan kalau siang panasnya sedemikian rupa. Energi panel surya jadi program prioritas kami selain PLTSa (pembangkit listrik tenaga sampah),” papar Hendi, sapaannya, Rabu (13/10).

Pemerintah Kota Semarang berencana menerapkan energi panel surya di gedung Balai Kota dan Gedung Pandanaran.

Dari perhitungan teknis, Hendi menyebutkan, panel surya dapat menghemat pembayaran listrik hingga 60 persen. Rencananya, panel surya akan dibangun pada 2022 mendatang.

“Insya Allah tahun depan kami kerjakan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Pemerintah Kota Semarang saat ini juga tengah melakukan penataan lingkungan balai kota. Dia ingin lingkungan balai kota diterapkan konsep penghijauan.

Pantauan di lapangan, sejumlah titik telah ditanami pohon. Area belakang Balai Kota juga dibangun taman.

Ke depan, Hendi akan menyarankan para ASN yang masih staf dan eselon 4 sebisa mungkin menggunakan transportasi umum saat pergi bekerja.

Dengan penataan seperti ini, dia berharap, kantor Balai Kota terlihat lebih hijau.

“Kalau mau pakai kendaraan pribadi, parkir tidak usah di kantor Wali Kota, bisa di DPMall atau di mana. Ini supaya kantornya lebih rimbun, hijau. Kawan-kawan harus memahami untuk memilih metode transportasi umum ke kantor,” terangnya. (Kim)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button