BisnisProperty

Pengembang Optimis Akhir Tahun Penjualan Rumah Meningkat

Semarang, UP Radio – Saat akhir tahun diyakini dapat memicu meningkatnya angka penjualan rumah seiring dengan terus meningkatnya kebutuhan rumah bagi masyarakat.

Kondisi ini juga tampak dari meningkatnya penjualan rumah selama pelaksanaan Property Expo Semarang (PES) ke 6 (13 – 29 November 2020) yang mampu membukukan penjualan hingga 53 unit atau senilai Rp 67 miliar.

“Kebutuhan rumah menjelang akhir tahun biasanya mengalami peningkatan. Ini terbukti dengan hasil penjualan rumah pada pameran Property Expo ke-6 yang mengalami peningkatan cukup signifikan dibanding pameran sebelumnya,” kata Dibya saat acara penutupan pameran dan pengundian kupon hadiah transaksi pembelian selama Property Expo Semarang periode 2019 di Hotel Ciputra Semarang (3/12).

Dibya mengungkapkan kenaikan omset penjualan ini memberikan harapan positif bagi pengembang property dan diharapkan akan terus berlanjut pada penjualan pameran Property Expo di bulan Desember jelang akhir tahun 2020.

“Peningkatan penjualan ini didominasi penjualan rumah type menengah dengan harga mulai Rp 300 juta- Rp 700 juta. Rumah type tersebut biasanya untuk rumah siap huni yang akan langsung ditempati,” jelas Dibya .

Dibya menambahkan saat ini ampir 90% penjualan rumah di Jawa Tengah untuk digunakan sendiri dan bukan untuk investasi dan saat masa pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi penjualan rumah.

Lesunya pasar penjualan property ini juga bertambah dengan kebijakan perbankan yang sangat selektif dalam mengucurkan KPR. “Kami berharap ke depan ekonomi cepat pulih,” tambah Dibya

Soal transaksi selama pandemi tidak sedikit konsumen membeli rumah dengan tunai, cash keras maupun cicilan lunak selama 1 tahun. Hal ini dilakukan karena perbankan sulit mengucurkan KPR. Sedangkan para pengembang pembayaran dengan cicilan lunak tidak ada masalah, karena kondisi pandemi mereka harus tetap menjual rumah yang diproduksi.

Pada pengundian hadiah periode Property Expo Semarang tahun 2019 lalu Jumlah kupon yang masuk mencapai 2408 kupon dari total penjualan 202 unit rumah. 10 orang konsumen berhasil mendapatkan sepeda motor dan puluhan hadiah elektronik lainya. (shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button