BeritaBisnisPendidikanSemarang

Pertamina Gandeng SMK 3 Semarang Bangun Bright Olimart Academy

Semarang, UP Radio – Guna menciptakan generasi muda siap kerja Pertamina menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK) untuk meningkatkan kompetensi.

Vice President Bright Pertamina Retail, Riza Pahlevi mengungkapkan Program tersebut direalisasikan PT Pertamina Retail dengan mendirikan Bright Olimart Academy di SMK di sejumlah kota di Indonesia.

“Di Semarangi Bright Olimart academy di dirikan di SMK 3 Semarang, dan akan dibangun juga dengan menggandeng SMK lainnya,” ungkap Riza Pahlevi di Semarang (19/1) saat meresmikan mulai beroperasinya Bright Olimart Academy di SMK 3 Semarang.

Fasilitas Bright Olimart selama ini telah ada di SPBU Coco Pertamina yang hanya memberikan Light Service bagi motor dan mobil yang dapat dikerjakan oleh setiap mekanik yang ada.

Lanjut Riza Pahlevi, keberadaan fasilitas ini disekolah bukan hanya untuk meningkatkan kompetensi siswa saja tetapi juga mendidik dan mendorong siswa agar memiliki jiwa kewirausahaan.

“Siswa dapat mengembangkan skill dengan praktik kerja disini sekaligus belajar mengelola usaha,” katanya.

Pada unit bisnis tersebut siswa dapat melayani servis ringan pada sepeda motor dan mobil konsumen.

Hingga saat ini sudah ada sembilan Bright Olimart Academy di Indonesia. PT Pertamina Persero melalui Pertamina Retail memfasilitasi secara fisik tempat dan soft skill secara periodik.

Sementara itu Kepala SMK 3 Semarang, Almiati mengatakan, kerjasama ini merupakan wujud dari program teaching factory sebagaimana dalam pendidikan kejuruan pihaknya melibatkan industri atau dunia usaha untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa.

“Ruang lingkup kerja sama ini adalah penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi sesuai kebutuhan industri, praktik, dan pengembangan kewirausahaan,” katanya.

Adapun, melalui teaching factory siswa tidak hanya dituntut terampil saja tapi juga menekuni pengembangan usaha. (shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button