LifestylePendidikan

Petani Jepang Kembangkan Pisang Yang Disantap Tanpa Kupas Kulit

UP Radio – Buah Pisang menjadi salah satu buah yang paling banyak dikonsumsioleh masyarakat dan kaya akan kandungan vitamin itu dikenal sangatmengenyangkan dan cocok dikonsumsi saat diet. 

Selain menawarkan harga terjangkau dan mudah didapatkan caramengkonsumsinyapun juga tidak terlalu ribet karena hanya perlu mengupaskulitnya sebelum disantap isi buahnya.

Namun saat ini Petani di jepang berhasil mengembangkan varian terbaru,dimana pisang hasil budidaya pertani di Jepang ini, memungkinkan untuk dimakanutuh buah pisang beserta dengan kulit-kulitnya. 

Mereka memberi nama pisang itu dengan sebutan ‘Mongee Banana’.

Para petani di Okayama Jepang bersama dengan para ilmuan D&T Farm, mengembangkanmetode inovatif bernama ‘Freeze Thaw Awakening’ yang membuatbuah-buahan tumbuh dalam kondisi yang ekstrem seperti pada zaman es pada 20ribu tahun yang lalu.

Mereka membekukan buah pisang dalam suhu minus 60 derajat celcius dankemudian menanam buah itu kembali sekalian menunggu bibit buah mencair. Merekapercaya bahwa dengan metode ini dapat mengaktifkan sel DNA purba pada tanamanbuah.

Jika sel itu sudah teraktivasi, maka pohon pisang akan bisa tumbuh dikondisi cuaca bersalju yang ekstrim. Sekaligus bisa tumbuh dengan perkembanganyang cepat dari pohon biasanya.

Umumnya akan membutuhkan dua tahun bagi pohon pisang untuk tumbuh di daerahwilayah yang tropis. Namun, melalui metode ini pisang mongee bisa tumbuh hanyadalam waktu empat bulan saja.

Diketahui bahwa buah pisang hasil buatan D&T Farm memiliki banyakkeunggulan dibanding buah-buahan lainnya. Buah pisang mongee dianggap lebihmanis daripada pisang-pisang lainnya.

Buah pisang biasa akan lebih sering dikonsumsi, sebelum bintik-bintik coklatmuncul pada kulit buah. Akan tetapi, pisang mongee justru harus dimakan setelahbenar-benar matang dan muncul bintik-bintik coklat pada kulit mereka. 

Kulit buah pisang mongee lebih tipis dari buah pisang lazimnya. Sebenarnya,kulit buah itu jauh lebih pahit daripada buah pisangnya sendiri. Oleh karenaitu, kamu harus memakannya bersama dengan bagian buahnya.

Kalau pahit, kenapa kulitnya harus dimakan? Karena manfaat kesehatannya.

D&T Farm mengklaim bahwa memakan kulit sekalian dengan daging buah pisangmongee, dapat memberikan manfaat kesehatan. Kandungan dalam kulit pisang mongeememiliki vitamin B6 dan magnesium yang tinggi. (lpt6/shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button