Lingkungan Hidup

Taman MT Haryono Semarang Diresmikan

Semarang, UP Radio – Di awal tahun 2022 Pemerintah Kota Semarang meresmikan Taman MT Haryono yang berada di wilayah Pandean Taman Harjo, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Semarang Timur, Kamis (13/1/2022).

Taman dengan konsep Ruang Terbuka Hijau (RTH) sekaligus sebagai ruang publik tersebut, memakan waktu penyelesaian sekira tiga bulan setelah kegiatan groundbreaking dilakukan pada September 2021 lalu.

Dalam peresmian Taman MT Haryono tersebut hadir Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy dan perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono, serta jajaran Pemerintah Kota Semarang.

Dalam sambutannya perwakilan keluarga Letnan Jenderal Anumerta MT Haryono, Prasetiyo Adi mengatakan, terimakasihnya kepada semua pihak yang telah menghargai jasa dan pengabdian para pahlawan terdahulu dengan dibangun Taman MT Haryono.

Apalagi taman juga dilengkapi dengan patung MT Haryono, salah satu pahlawan revolusi. Pihaknya sangat menghargai upaya jajaran Pemerintah Kota Semarang dan semua pihak tekait yang sudah mewujudkan taman MT Haryono yang indah.

Untuk itu, kata Prasetiyo, selain Taman MT Haryono untuk menambah keindahan kota, harapannya juga sekaligus dapat mengajak generasi muda untuk mengetahui sejarah bangsa.

Direktur PT Cakrawala Sakti Kencana, Lie Jemmy mengatakan, pihaknya mendukung program pembangunan pemerintah kota sekaligus untuk memperindah pemandangan Kota Semarang.

Diungkapkan bahwa dalam pembangunan Taman MT Haryono ini dengan anggaran sebesar Rp 800 juta.

“Kami juga apresiasi dengan didukung pemerintah kota Semarang sehingga pembangunannya berjalan baik, sesuai dari target rencana,” katanya.

Seperti diketahui, konsep Taman MT Haryono didesain bernuasana Chinese, dominan warna merah, dan tanaman hias bambu-bambu.

‘’Ini moment tepat sekali untuk menyambut Imlek pada Februari mendatang,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, peresmian Taman MT Haryono ini sejalan dengan beberapa kegiatan program Pemkot Semarang, dan menjadi momentum untuk memperingati para pahlawan.

Karena bangsa yang besar adalah yang menghargai jasa pahlawannya. Dulu berbagai peristiwa perjuangan, sudah dilewati, masa sebelum kemerdekaan, merdeka, dan masa pembangunan.

“Mereka jadi pioner, maka dibuat patung MT Haryono, karena berada di ruas Jalan MT Haryono. Saya ucapkan terimakasih kepada keluarga besar dari pahlawan MT Haryono, pematung, yang realisasikan semua ini sampai diresmikan,” katanya.

Hendi, sapaan akrab Wali Kota Semarang, mengajak masyarakat agar Taman MT Haryono bisa dirawat dengan baik, sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik, membuat wilayahnya makin kondusif, dan Semarang semakin hebat.

“Nanti bisa digunakan masyarakat untuk cangkrukan, masyarakat dapat bersosialisasi sekaligus membuat wajah kota cantik dan indah,” terang Hendi.

Kepala Disperkim Kota Semarang, Ali menambahkan, Taman MT Haryono nantinya menjadi salah satu taman aktif untuk ruang publik dan kegiatan masyarakat. Terdapat gazebo, lukisan mural dan pohon untuk penghijauan.

Diharapkan dapat menambah ruang terbuka hijau di wilayah Semarang Timur. Sehingga target pemenuhan sebesar 30 persen RTH bisa terpenuhi, yang saat ini masih sekira 17 persen. Selain, bisa untuk menjadi spot menarik untuk pengunjung juga menambah keindahan kawasan jalan MT Haryono,” pungkasnya. (ksm)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button