BeritaPendidikanSport

UPGRIS Gelar Kejuaraan Petanque di Kampus 4

Semarang, UP Radio – Universitas PGRI Semarang menjadi tuang rumah dalam Kejuaraan Petanque Double Tournament dalam memperingati Ulang tahun Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Tengah ke 2 yang digelar 26-28 januari 2018.

Rektor Universitas PGRI Semarang Dr. Muhdi SH, Mhum mengungkapkan saat ini Universitas PGRI Semarang menjadi salah satu perguruan tingga di Jawa tengah yang telah banyak memiliki atlit petanque di Indonesia.

“Banyak Mahasiswa dan Dosen yang telah aktif menjadi atlet dan banyak mengikuti berbagai kejuaraan, Bahkan masuk dalam kepengurusan di tingkat kota maupun propinsi,” ungkap Muhdi, disela acara pembukaan kejuaraan Petanque double tournament HUT ke 2 FOPI Jawa Tengah di GOR Kampus 4 Universitas PGRI Jl. Gajah Raya Semarang (26/1).

Dengan kejuaraan ini, lanjut muhdi, diharapkan dapat menjadi arena untuk mencari bibit bitit atlet potensial yang nantinya akan dapat bertanding di berbagai kejuaraan ini yang ternyata banyak diminati oleh atlit petang dari berbagai daerah di Indonesia.

Meski merupakan jenis olah raga baru namun dinilai memiliki masa depan yang sangat bagus, mengingat olah raga Petanque yang berasal dari perancis ini memiliki banyak kesamaan dengan berbagai permainan asli Indonesia.

“Event kejuaraan Petanque ini telah banyak dilaksanakan bukan hanya di Indonesia saja namun juga berbagai kejuaraan internasional juga telah banyak dipertandingkan,” tambahnya

Sementara itu Ketua Umum Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Caca Isa saleh mengungkapkan sejak tahun 2001 Cabang olah Raga Petanque sudah masuk dipertandingkan dalam event olahraga Sea games di Malaysia.

“Indonesia baru mengikuti Cabang Petanque ini dalam Sea Games tahun 2011 sebagai tuan rumah dengan persiapan yang sangat singkat dan memilih Atlet yang banyak berasal dari unsur TNI,” ungkapnya.

Namun seiring dengan tingginya minat masyarakat Indonesia saat ini telah dibentuk kepengurusan FOPI di 22 Propinsi di Indonesia yang banyak menghasilkan atlet berprestasi, baik di event tingkat nasional maupun Internasional. (shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button