in ,

XL Axiata Pasang Router di Pedesaan Dukung Siswa ikuti PJJ

Yogyakarta, UP Radio – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) turun tangan mendukung menyediakan fasilitas akses internet untuk para pelajar yang mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Dukungan tersebut berupa pemasangan sarana akses internet berupa router yang bisa para pelajar manfaatkan secara bersama-sama hingga puluhan perangkat sekaligus. Pekan ini, tim XL Axiata memasang router di dua lokasi yang masing-masing berada di pedesaan wilayah Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Desa Bendosari, Kecamatan Sawit, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

“Kami tidak bisa tinggal diam membaca berita tentang semakin banyaknya pelajar di berbagai daerah yang kesulitan mendapatkan akses internet untuk bisa mengikuti PJJ. Problem yang mereka hadapi baik berupa terbatasnya jaringan yang di desa tempat mereka berdomisili dan daya beli kuota data internet. Untuk itu, melalui dukungan ini kami mencoba untuk mendukung keduanya. Semoga fasilitas ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk PJJ oleh para pelajar di seluruh desa,” kata Group Head Central Region XL Axiata, Rd. Sofia Purbayanti.

Sofia mengungkapkan, sejak pandemi Covid-19 terjadi, anak-anak sekolah tersebut harus melakukan belajar dari rumah dengan mengakses materi belajar secara daring. Namun, jaringan internet belum menjangkau setiap sudut desa, banyak dari anak-anak tersebut yang kemudian mencari lokasi tertentu yang di tempat itu bisa mendapatkan sinyal internet yang lebih baik.

Sesuai dengan saran warga di masing-masing lokasi, perangkat router dari XL Axiata ditempatkan di tempat-tempat yang bisa menampung belasan anak untuk belajar. Ada yang di semacam balai pertemuan warga, pos kamling, rumah warga, juga bangunan darurat di atas bukit.

“Pemilihan lokasi penempatan router ini juga disesuaikan dengan kualitas sinyal yang bisa ditangkap. Team XL Axiata turut membantu pemasangan perangkat ini di semua lokasi agar bisa mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal,” tambahnya.

Masing-masing dari router tersebut bisa diakses secara bersamaan sekaligus hingga 32 perangkat baik smartphone, tablet, maupun laptop.

XL Axiata juga membekali setiap router dengan paket data 20GB yang akan diisi setiap selama setahun. Selain itu, XL Axiata juga membagikan meja belajar kecil agar pelajar bisa lebih nyaman dalam belajar.

Sementara itu untuk menjaga dan memastikan router tersebut dimanfaatkan secara semestinya, XL Axiata menyerahkan pengelolaannya ke pengurus masing-masing dusun. Program donasi akses internet untuk mendukung pelaksanaan PJJ ini akan terus XL Axiata perluas ke wilayah Indonesia lainnya.

Sebelum adanya pandemi, kami rutin menyalurkan donasi kuota untuk sekolah-sekolah melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK). Kini, karena sebagian besar sekolah juga masih tutup dan meningkatnya kebutuhan untuk mendukung proses belajar secara daring berbagai daerah, maka kami akan berusaha mendukung memfasilitasi akses internet untuk PJJ seperti ini,” pungkas Sofia. (shs)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

MODENA Ekspansi Pasar di Semarang, Hadirkan MHC di Majapahit

Walikota Tetap Minta Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan