BeritaBisnis

2017 Rasio Elektrifikasi Mencapai 96 Persen di Jateng & DIY

Semarang, UP Radio – PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta tahun 2017 berhasil meningkatkan elekrifikasi rumah tangga hingga mencapai 96,22 persen di Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Deputi Manager Komunikasi dan Bina lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan Jogjakarta Hardian Sakti Laksana mengungkapkan peningkatan elektrifikasi listrik 2017 mencapai 2,71 persen dari total pencapaian di tahun sebelumnya.

“Peningkatan Rasio Elektrifikasi ini karena PLN tahun 2017 agresif melakukan pemasaran door-to-door ke masyarakat khususnya yang belum berlistrik,” ungkap Hardian di Semarang (24/1).

Saat ini, lanjut Hardian, jumlah pelanggan rumah tangga di wilayah PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebesar 9.948.614 pelanggan dari jumlah total Rumah tangga sesuai data BPS propinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sebanyak 10.398.728. 

Ditahun 2018 ini PLN Jateng dan DIY terus meningkatkan penetrasi pasar dengan terus meningkatkan rasio elektrifikasi dan mentargetkan hingga akhir tahun mampu mencapai rasio sebesar 98,35 persen dari total pelanggan diwilayahnya.

“Sedikitnya ditahun ini PLN akan melakukan pemasangan sambungan Baru tumbuh 7,5 persen atau sebanyak 409 ribu pelanggan baru yang tersebar diseluruh wilayah jateng dan DIY,” tambahnya.

Hardian  mengungkapkan pula untuk saat ini 100 persen desa yang ada telah teraliri listrik PLN, Namun dari seluruh desa masih ada sekelompok masyarakat yang belum dapat menikmati listrik karena factor geografis yang terpisah dari wilayah yang telah terlayani listrik.

“Ada sekelompok rumah di desa yang terpisah dari kelompok yang telah teraliri listrik. Daerah ini banyak ditemukan di sejumlah desa yang biasanya berlokasi di daerah pegunungan atau perbukitan,” bebernya.

Selain meningkatkan Rasio elektrifikasi PLN juga semakin agresif untuk melayani kebutuhan listrik sector industry dengan menjalin kerjasama dengan Kadin mengingat produksi listrik mengalami surplus hingga 700 MW. (shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button