BeritaSemarang

2020 Karang Taruna Dapat Kucuran Dana Rp 7Juta Per Kelurahan

Semarang, UP Radio – Pemerintah Kota Semarang tahun 2020 bakal mengucurkan anggaran sebesar Rp. 7juta bagi Karang Taruna di masing-masing kelurahan dan Rp. 9juta untuk Karang Taruna di tingkat Kecamatan.

Hal ini dibenarkan, Ketua Karang Taruna Kota Semarang I Gede Ananta Wijaya Putra, saat ditemui wartawan usai Kegiatan Seminar Kebangsaan dan Bakti Sosial yang digelar Karang Taruna Kec. Ngaliyan, Minggu (3/11).

Ketua Karang Taruna Kota Semarang I Gede Ananta Wijaya Putra menyambut baik rencana Pemkot tersebut. Dengan anggaran itu, dia berharap karang taruna bisa semakin eksis dan memberikan kontribusi yang lebih baik kepada masyarakat dan pembangunan Kota Semarang.

“Kami berterima kasih sekali kepada Wali Kota Semarang yang sekaligus menjadi pembina umum karang taruna Kota Semarang,” ungkapnya.

Ananta melanjutkan, selama ini karang taruna lebih mengandalkan kerjasama pihak ketiga ketika menggelar kegiatan. Pasalnya, anggaran karang taruna cukup terbatas dan berbeda setiap wilayah.

“Sebelumnya anggaran karang taruna ada yang dapat ada yang tidak. Anggarannya cukup terbatas. Meski demikian kami tidak menyerah, kami bekerjasama dengan pihak ketiga,” tambahnya.

Dia memastikan, karang taruna akan mempergunakan anggaran secara bijak jika anggaran karang taruna benar-benar terealisasi. Beberapa kegiatan yang bisa diselenggarakan antara lain berbagai pelatihan untuk meningkatkan skill sumberdaya karang taruna dan kegiatan rekresi olahraga dan seni.

Terkait rencana Pemkot memberikan anggaran untuk karang taruna kelurahan dan kecamatan pun dibenarkan oleh Camat Ngaliyan, Agus Priharwanto.

“Tahun 2020 Pak Wali punya kebijakan membantu karang taruna kelurahan Rp 7 juta per tahun dan Rp 9 juta per tahun. Ini agar karang taruna bisa menjadi motor penggerak utama di bidang kepemudaan olahraga dan menjadi mitra untuk membangun Kota Semarang,” jelasnya.

Selama tiga tahun ini pihaknya menganggarkan kegiatan karang taruna melalui kegiatan nonfisik musrenbang sebesar Rp 10 juta. Menurutnya, peran karang taruna di Kecamatan Ngaliyan sangat membantu pemerintah dalam membangun wilayah. Mereka menyelenggarakaan kegiatan yang memberikan efek terhadap masyarakat.

“Kami juga libatkan karang taruna dalam berbagai kegiatan kecamatan seperti kegiatan bersih-bersih kelurahan, kegiatan sosial kebencanaan, dan porseni tingkat kecamatan,” sebutnya. (ksm)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button