KesehatanLifestyle

3 Langkah Mudah Cara Alami Turunkan Kolestrol

UP Radio – Tahu kah Anda bahwa kita bisa menurunkan kolesterol secara alami dengan tiga langkah mudah? Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Kolestrol jahat yang terlalu tinggi akan membahayakan kesehatan. Penyumbatan pembuluh darah adalah salah satu contoh akibat yang ditimbulkan oleh kadar kolesterol yang tinggi. Penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah jantung akan mengakibatkan penyakit jantung koroner sedangkan bila terjadi di otak bisa menyebabkan stroke.

Kedua penyakit tersebut tentu sudah memberikan gambaran betapa bahayanya kadar kolesterol yang tinggi kan? Kabar baiknya, ada 3 langkah mudah yang jika kita lakukan dengan benar bisa menurunkan kolesterol secara alami. Mari kita bahas ketiga langkah tersebut.

Langkah #1: Kurangi Makanan yang Mengandung Lemak Hewan

Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah membatasi konsumsi makanan berlemak. Lemak yang berasal dari hewan adalah faktor utama penyebab kolesterol jahat meningkat. Bila kadar kolesterol kita sudah tinggi, maka membatasi konsumsi makananan tersebut wajib dilakukan. Beberapa makanan yang mengandung lemak hewan antara lain adalah: daging (terutama daging babi), mentega, margarin, keju, dan jeroan. Tujuan membatasi konsumsi makanan-makanan ini adalah agar kolesterol kita tidak semakin tinggi.

Langkah #2: Perbanyak Makan Sayur, Ikan, dan Buah

Bila sudah mengurangi makanan yang mengandung banyak lemak hewan seperti langkah pertaman, yang dilakukan selanjutnya adalah memperbanyak konsumsi sayur, kacang-kacangan, ikan, dan juga buah. Makanan-makanan ini lah yang bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sayuran hijau seperti bayam atau brokoli.
  • Buah-buahan seperti apel, pisang, jeruk, dan grapefruit.
  • Walnut dan almond.
  • Ikan salmon dan tuna
  • Bawang putih dan tomat.

Anda juga bisa membaca panduan lengkap sumber vitamin dan mineral untuk tubuh sebagai referensi. Bila langkah pertama bertujuan untuk menahan kolesterol agar tidak terus meningkat, maka di langkah kedua ini tujuannya adalah menurunkan kolesterol jahat tersebut.

Langkah #3: Menjaga Berat Badan dan Berolahraga Secara Rutin

Berat badan adalah indikator yang bisa dijadikan acuan untuk kondisi kesehatan kita. Bila kita sudah membatasi makanan penyebab tingginga kolesterol jahat dan memperbanyak makanan yang bisa menguranginya, maka selanjutnya adalah menjaga berat badan kita agar tetap ideal. Kita bisa menghitung berat badan ideal dengan rumus indeks massa tubuh. Cara yang biasa dilakukan untuk menjaga agar berat badan ideal adalah dengan berolahraga secara rutin. Ada baiknya jika kita meluangkan waktu setidaknya 10 menit setiap hari untuk berolahraga.

Itulah tadi 3 langkah mudah untuk menurunkan kolesterol secara alami. Biasanya cara yang lazim digunakan untuk menurunkan kolesterol memang dengan menggunakan obat-obatan dan hasilnya mungkin saja instan, namun selain harganya yang tidak murah kita juga tidak tahu efek samping apa yang akan timbul. Bagaimanapun juga ketiga langkah tersebut relatif lebih baik, bahkan bisa jadi dokter yang memberikan obat pun menyarankannya. Dan sebenarnya, dengan melakukan 3 langkah tersebut secara tak langsung kita sudah menerapkan pola hidup sehat. (kesehatan/shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button