Kesehatan

Dinkes Buka Layanan Vaksinasi Moderna untuk Umum di Mall Tentrem

Semarang, UP Radio – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang membuka layanan vaksinasi menggunakan vaksin Moderna di Tentrem Mall. Vaksinasi dibuka selama tiga hari mulai 5 – 7 Oktober 2021.

Vaksinasi moderna ini tidak hanya diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) yang melakukan suntik booster atau dosis ketiga, melainkan juga dibuka bagi masyarakat umum.

“Kemarin ada distribusi vaksin Moderna dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Karena masih ada sisa, kami buka untuk masyarakat umum,” terang Kepala Dinkes Kota Semarang, Moh Abdul Hakam, Selasa (5/10/2021).

Hakam memaparkan, vaksinasi booster bagi nakes di Kota Semarang sudah mencapai 99 persen.

Maka, vaksin Moderna yang masih tersedia diperuntukkan bagi warga Kota Semarang maupun luar kota yang berdomisili di Semarang dengan catatan di atas 18 tahun.

Warga tinggal mendaftar melalui victori.semarangkota.go.id dan datang sesuai jadwal dengan membawa KTP atau surat domisili serta bukti pendaftaran. Bagi mahasiswa, diharapkan membawa KTM.

Warga yang hendak melakukan vaksinasi dosis kedua menggunakan moderna juga dilayani dengan syarat sudah 28 hari dari penyuntikan dosis pertama.

“Memang ini tantangan buat kami bagaimana menyelesaikan V2 karena ada yang divaksin semlenget (badan panas) dan ada gejala yang timbul,” ujar Hakam.

Pihaknya terus mengejar penyelesaian V2 dengan cara menyampaikan kepada camat agar warganya bisa mengikuti vaksinasi di faskes atau sentra yang tersedia.

“Di tentrem kami lakukan sampai sore sehingga orang-orang yang kerja yangg mungkin belum melakukan V2 bisa segera vaksin,” tambahnya.

Adapun bagi masyarakat yang telah disuntik Astra Zeneca saat V1, dia mengimbau untuk bersabar menunggu stok vaksin untuk V2 mengingat distribusi jenis vaksin tersebut sedang mengalami keterlambatan dari pemerintah pusat. (ksm)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button