in ,

DLH Kota Semarang Bagi APD Lindungi Tenaga Kebersihan

Semarang, UP Radio – Tidak ingin tenaga kebersihan terpapar virus corona, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Semarang mengambil sejumlah langkah strategis.

Diantaranya dengan membantu alat pelindung diri atau APD pada tenaga kebersihan, bantuan suplemen makanan dan vitamin serta bantuan paket sembilan bahan pokok.

Seperti yang dilakukan kemarin, sejumlah perwakilan tenaga kebersihan mendapat bantuan APD yang diserahkan langsung oleh Kepala DLH Kota Semarang Drs. Sapto Adi Sugihartono, MM.

Selain mendapat bantuan APD, mereka juga mendapat bantuan sembako sumbangan dari PT Pegadaian Wilayah Kota Semarang.

Menurut Kepala DLH Kota Semarang, Drs. Sapto Adi Sugihartono, MM petugas kebersihan tidak libur atau mengurangi jam kerja ditengah wabah corona.

“Petugas tetap bekerja seperti biasa, hal ini dilakukan agar kota tetap terjaga kebersihannya, memang ada yang berkurang khususnya di kawasan penutupan jalan protokol,” katanya.

Dikatakan, tugas tenaga kebersihan ini memiliki resiko yang cukup tinggi karena setiap hari keliling kota untuk mengambil sampah. Untuk itu pihaknya memberi bantuan APD pada petugas yang mengangkut sampah infeksius seperti bekas masker atau sampah-sampah dari orang dalam pemantauan dan mereka yang menjalani karantina mandiri.

“Untuk sampah dari rumah sakit sudah ada yang menangani secara khusus,” katanya.

Apalagi saat ini pihaknya menyediakan bok sampah khusus infeksionis di 16 lokasi. Masyarakat yang biasa menggunakan masker sekali pakai atau rusak, sebelum dibuang ke bok khusus sebaiknya digunting dulu sehingga tidak bisa dimanfaatkan lagi.

Sampah infeksionis ini akan ditangani secara khusus layaknya sampah B3. Penanganan sampah ini dilakukan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Jateng.

Sapto Adi Sugihartono mengharapkan agar petugas kebersihan tertib menggunakan APD dan melaksanakan protokol kesehatan selama  pandemi covid-19 ini.

Mengenai bantuan sembako ini, Kepala DLH Kota Semarang menyampaikan terima kasih pada PT Pegadaian Semarang yang membantu kebutuhan pokok pada tenaga kebersihan. “Bantuan ini akan kami langsung distribusikan pada petugas kebersihan, saat ini ada sekitar 500 tenaga kebersihan yang tetap bekerja,” ujar Sapto Adi menambahkan. (ksm) 

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Gubernur Jateng Prakarsai Rekening Donasi Untuk Seniman

DKK Semarang Lakukan Rapid Test Pada Pedagang di Pasar