in

Dorong Ekonomi Lokal, Ganjar Jadi Endorser Gratisan

Dorong Ekonomi Lokal, Ganjar Jadi Endorser Gratisan

Semarang, UP Radio – Semenjak covid-19 mewabah di Jawa Tengah, Gubernur Ganjar Pranowo makin sering membeli dan mempromosikan sejumlah produk buatan warganya. Bukan lantaran hobi belanja, melainkan untuk mendukung eksistensi usaha lokal, khususnya yang berskala kecil dan menengah.

Beberapa kali, memanfaatkan media sosialnya, Ganjar dengan sukarela menjadi bintang iklan atau endorser gratisan. Misalnya ketika ia membeli sambal, dia tidak lupa untuk memberikan testimoni dan ajakan bagi pengguna media sosial lainnya, untuk turut memborong produk sambal yang dia promosikan.

“Sebenarnya saya hanya ingin mendorong, ayo kita berjualan dan ayo kita membeli dari tetangga atau orang-orang terdekat dan mereka yang membutuhkan. Di tengah wabah covid-19 ini, banyak orang kesusahan dan mencoba survive dengan jualan kecil-kecilan. Maka saya ingin bantu memasarkan dan mengharapkan masyarakat membantu dengan membeli,” kata Ganjar di rumah dinasnya (2/5).

Media sosial, lanjut dia, merupakan saluran yang tepat untuk memasarkan produk warganya itu. Selain karena akunnya diikuti oleh banyak pengikut, testimoni di media sosial juga lebih berpotensi viral.

“Medsos itu bagus, jangkauannya besar. Apalagi sekarang mereka tidak bisa dagang langsung, ketemu sama masyarakat. Maka, media online ini bisa dipakai,” terangnya.

Selama covid-19 ini melanda, Ganjar mengatakan banyak menerima tawaran dari masyarakat, apakah sekedar untuk membantu  memasarkan atau membelinya. Alhasil, sampai hari ini pria berambut putih ini mengatakan sudah membeli banyak produk yang ditawarkan itu.

“Ada buah-buahan, madu, jamu, teri nasi, oseng-oseng, sambel, peyek, es campur dan banyak lagi produk lainnya. Pokoknya kalau ada masyarakat mention saya di medsos, ‘pak saya jualan ini pak’, ya saya beli. Sambil tentu saya bantu pasarkan lewat postingan,” terangnya.

Meski sederhana, namun langkah yang dilakukan Ganjar itu ternyata sangat berdampak. Ia mencontohkan, kaos tentang corona yang selalu ia pakai untuk kampanye, saat ini laku keras dan dibeli sampai Hongkong, Singapura, Malaysia dan negara lain termasuk Jakarta.

“Kaos Bersama Lawan Corona, Nyedak Keplak yang biasa saya pakai itu sekarang larisnya minta ampun. Artinya, karena saya si pembuat kaos ini jadi bisa dapat rezeki. Jadi saya selalu mengajak masyarakat untuk berusaha, yakinlah di antara musibah pasti ada berkah. Yang penting kita niat betul-betul dan berdoa,” tutupnya.

Apa yang disampaikan Ganjar ternyata bukan isapan jempol belaka. Salah satu warga yang mendapatkan berkah karena produknya diiklankan Ganjar adalah Aniek Kurnia (52), warga Kagungan Lor Kabupaten Rembang. Awalnya, Aniek iseng posting barang dagangannya yakni teri di akun media sosial Ganjar.

“Nggak nyangka Pak Ganjar langsung borong. Selain itu, Pak Ganjar juga memposting ikan teri saya di media sosialnya, akhirnya banyak yang tanya dan beli. Seneng banget, alhamdulillah berkat bantuan pak Ganjar, sekarang pesanan terus mengalir. Jadi berkah,” ucap Aniek. (hum)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Pertamina Beri Cashback 50% untuk 10.000 Angkot Setiap Hari

Bawaslu: Bansos Covid-19 Jangan Ada Gambar Paslon Walikota