in ,

FPMIPATI UPGRIS Jalin Kerja Sama dengan BATAN

Semarang, UP Radio – Dalam melakukan penelitian berkaitan dengan bidang sains dan teknologi nuklir Fakultas Pendidikan Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Teknologi Informasi (FPMIPATI), Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), gandeng Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) Yogyakarta. 

BATAN merupakan lembaga  penelitian   dan   pengembangan sekaligus Pusat Unggulan lptek yang melaksanakan perumusan dan pengendalian kebijakan teknis,  pelaksanaan,  dan pembinaan  dan bimbingan  dalam bidang penelitian dan pengembangan fisika partikel,  teknologi proses, dan pengelolaan reaktor riset.

Penanda tanganan  kerjasama dilakukan oleh Dekan FPMIPATI Upgris Dr Nur Khoiri dengan Deputi Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir BATAN Prof Dr Efrizon Umar di Semarang, (4/3).

Nur Khoiri mengatakan FPMIPATI dapat diwakili oleh dosen/peneliti, teknisi dan mahasiswa dalam melakukan penelitian berkaitan dengan bidang sains dan teknologi nuklir.

“UPGRIS serta BATAN mempunyai  kemampuan  dan  sumber daya  yang dapat disinergikan   dalam rangka penelitian,  pengembangan, pendidikan, pelatihan dan pemanfaatan riset bersama,” tutur Nur Khoiri.

Sentara Deputi Sains dan Aplikasi Teknologi Nuklir BATAN Efrizon Umar menegaskan Perjanjian kerjasama ini sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki kedua pihak sebagai mitra. 

“Selain itu, kerjasama ini juga untuk membangun dan mengembangkan  ilmu pengetahuan  dan teknologi  bidang  nuklir  melalui  kegiatan  pendidikan,    penelitian, pengembangan  di  bidang  sains  dan  teknologi  untuk  dapat  dimanfaatkan untuk masyarakat. Membangun kerja sama dalam rangka menyebarluaskan hasil penelitian dan pengembangan berdasarkan prinsip kerja sama yang mengutamakan kesetaraan,  kebersamaan,  dan saling menguntungkan,”imbuh Efrizon Umar.

Ditambahkannya perjanjian kerjasama akan meliputi kegiatan penelitian  bersama di bidang sains  dan teknologi. 

“Penggunaan dan pengembangan sarana dan prasarana. Peningkatan sumber daya manusia  dalam bentuk pertemuan FGD, workshop serta kegiatan ilmiah lainnya. Membuat publikasi ilmiah bersama yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, serta prosiding nasional  maupun internasional. Serta, Pertukaran data dan informasi,” imbuh Nur Khoiri.

Kerjasama ini diharapkan dapat mewujudkan kepedulian dan partisipasi untuk bersinergi dalam memberikan sumbangsih pada kemajuan ilmu   pengetahuan dan teknologi  yang  bermanfaat bagi Bangsa dan Negara Indonesia. (Pai)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Nasmoco Funtastik Festival 2020 Tawarkan Banyak Hadiah

Hadapi Covid 19 Pemprov Jateng Siapkan 10 Rumah Sakit