in

KKN UPGRIS & Disporapar Jateng gelar Pelatihan Buat Sangkar

Demak, UP Radio – Kuliah Kerja Nyata (KKN) UPGRIS selenggarakan pelatihan inovasi sangkar burung di Kadilangon Desa Kebonbatur pada hari Jumat (7/2/2020). Pelatihan tersebut dihadiri Kepala Dinas DISPORAPAR Jawa Tengah beserta Lembaga Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Warga sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut, sehingga pelatihan ini diikuti lebih 35 warga yang terdiri dari paguyuban sangkar burung dan remaja Kebonbatur.

“KKN pertama kali yang merangkul UMKM sangkar burung baru KKN UPGRIS, berkat KKN kita dapat menyampaikan keluh kesah kami tentang sangkar burung langsung pada DISPORAPAR Jawa Tengah” Ujar Ali Mustofa Ketua Paguyuban.

Karena kurangnya inovasi sangkar burung yang dilakukan pengrajin sehingga mengakibatkan menurunnya daya minat pembeli. Berdasarkan permasalahan tersebut, Tim KKN UPGRIS mengadakan kegiatan pelatihan inovasi sangkar burung dengan metode transfer foto. 

Metode transfer foto diterapkan pada inovasi karena mudah di aplikasikan pada media kayu dan efisien waktu..

“Kegiatan inovasi sangkar burung dijadikan program kerja kewirausahaan dengan metode tranfer foto bertujuan agar dapat bersaing di pasaran dan menambah daya tarik pembeli” Ujar Andik Bontot.

Cara pengaplikasian inovasi sangkar burung dengan metode tranfer foto sangat mudah, hanya dengan mengamplas, ditaburi lem dan tempel kertas pada kayu lalu di tekan pada kayu sampai lem kering kemudian dibasahi air sehingga jadilah sangkar burung dengan inovasi motif batik. 

“Diharapkan kedepannya inovasi ini dapat membuat meningkatan daya beli dan tidak kalah saing,” pungkasnya. (pai)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Bina Warga Kelola Sampah, Pemkot Semarang Apresiasi KKN UPGRIS

Dewan Minta Disdik Antisipasi Pencegahan Bullying di Sekolah