Semarang

Kota Semarang Terima Alokasi Vaksin dari TNI

Semarang, UP Radio – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke Kota Semarang pada Jumat (16/7).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan kehadiran Panglima TNI dan Kapolri tesebut di ibu kota Jawa Tengah untuk meninjau progres vaksinasi di beberapa titik sentra vaksin.

Pasalnya, Kota Semarang menjadi salah satu wilayah yang mendapatkan alokasi vaksin dari TNI dalam upaya percepatan vaksinasi di Indonesia. Hal itu dituturkan Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut menyusul digelontorkannya alokasi vaksin TNI sekitar 2.000 per hari oleh Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Rudianto.

Diterangkan Hendi, alokasi vaksin dari Kodam IV/ Diponegoro tersebut akan digunakan untuk keperluan vaksinasi di dua titik sentra vaksin, yaitu di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Wahid Hasyim. Dimana masing – masing sentra vaksin tersebut ditargetkan mendapatkan alokasi vaksin TNI sebanyak 1.000 vial per hari.

Dengan adanya dukungan dari TNI dan POLRI untuk meningkatkan progres per hari vaksinasi di Kota Semarang itu, Hendi pun meyakini wilayah yang dipimpinnya tersebut dapat semakin cepat mengejar kodisi kekebalan kelompok, atau herd immunity.

Untuk itu diharapkannya proses vaksinasi di dua universitas yang didukung oleh Kodam IV/ Diponegoro tersebut dapat berjalan lancar.

“Insya Allah kita bisa mulai vaksinasi di UNNES dan UNWAHAS mulai Jumat, kemarin kami dari Pemerintah Kota Semarang juga sudah menghadap Panglima di Kodam untuk mendapatkan arahan dari beliau,” tutur Hendi.

“Arahan Panglima nanti kita kolaborasi, universitas, dinas kesehatan kota, Polda Jawa Tengah, dan Kodam IV/ Diponeogoro akan bergerak bersama untuk mempercepat progres vaksinasi per hari di Kota Semarang,” tekannya.

Adapun turunnya vaksin dari TNI untuk Kota Semarang tersebut didapatkan setelah Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Rudianto dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Lutfi mendatangi Hendi di Balaikota Semarang, Selasa (13/7).

Dalam pertemuan tersebut baik Pangdam maupun Kapolda menegaskan kepada Hendi akan komitmen TNI dan POLRI dalam membantu penangangan COVID-19 di Kota Semarang, termasuk salah satunya memberikan suplai vaksin.

Pertemuan itu kemudian ditindaklanjuti Hendi dengan secara khusus menghadap Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen Rudianto untuk membicarakan terkait tekhnis penggunaan vaksin TNI di Kota Semarang. Dari pembicaraan tersebut disepakatilah pendirian dua sentra vaksinasi baru di Kota Semarang, yaitu di UNNES dan UNWAHAS yang akan didukung suplai vaksin dari Kodam IV/ Diponegoro. (ksm)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button