in

Lumbung Kelurahan inisiasi 'Si Kaya Bantu Warga Tak Mampu&#3

Semarang, UP Radio – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memerintahkan kepada setiap lurah dan camat untuk bisa menyiapkan lumbung kelurahan agar masyarakat dapat bertahan di rumah masing – masing.

Lumbung Kelurahan tersebut nantinya akan menjadi tempat penyimpanan logistik sembako yang didistribusikan oleh Pemerintah Kota Semarang. Dimana Pemerintah Kota Semarang sendiri akan mendistribusikan 200 ribu paket sembako ke seluruh wilayah yang dibagi dalam dua tahap mulai minggu depan.

Di sisi lain, dengan adanya Lumbung Kelurahan, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi tersebut mendorong adanya gotong royong masyarakat untuk ikut membantu.

“Jadi Lumbung kelurahan ini jadi fasilitator, mengingatkan kepada warga masyarakat yang berkecukupan untuk bisa membantu sekitarnya yang kurang mampu. Jadi sifatnya melakukan pendataan monitoring dan fasilitator,” ujar Hendi.

Dengan berjalannya sistem Lumbung Kelurahan di Kota Semarang tersebut, Hendi optimis himbauan kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah bisa lebih ditegakkan.

Salah satu kecamatan yang telah menerapkan lumbung kelurahan secara baik yakni kecamatan Semarang Barat.

Camat Semarang Barat, Heru Sukendar mengaku telah bergerak cepat berkoordinasi dengan jajaran kecamatan dan kelurahan di Semarang Barat membentuk lumbung pangan untuk mengantisipasi dampak dari penyebaran Covid-19.

Pihaknya secara langsung menyurati dan menggerakkan hati para pengusaha, pihak ketiga bahkan warga yang mampu di kecamatan Semarang Barat untuk bisa memberi bantuan berupa sembako.

“Kami sudah mengantisipasi dampak dari virus corona ini jauh-jauh hari, bahkan Lumbung Pangan sudah berjalan di semua Kelurahan di kecamatan Semarang Barat,” ujar Heru.

Sebelum pemerintah kota memberikan bantuan sembako, kecamatan Semarang Barat telah mendistribusikan paket sembako terlebih dahulu dari hasil Lumbung Pangan tersebut.

“Mereka yang terdampak seperti tukang parkir, PKL, pegawai swasta yang di PHK, warga kurang mampu ini yang kita beri bantuan supaya jangan sampai ada warga di Kota Semarang ini yang tidak bisa makan karena imbas Covid-19,” jelas Heru.

Sementara itu, hingga saat ini Kecamatan Semarang Barat telah mendistribukan ribuan paket sembako yang merupakan donasi dari para pengusaha, perusahaan hingga warga golongan menengah atas. Tak hanya itu, untuk stok bantuan pangan bulan puasa, kecamatan Semarang Barat telah mempersiapkannya dengan baik agar tidak ada warga kelaparan karena imbas Covid-19 di Semarang. (ksm)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Pemerintah Kota Semarang Beri Keringanan Pajak hingga Diskon PBB

Xiaomi Redmi 8A Pro, Smartfren Tawarkan Paket Kuota 41 GB/bulan