Profil

Marwan: Pendidikan Jadi ‘Senjata’ dan ‘Ilmu’ Jadi Modal Mencari Solusi Masalah

Jakarta, UP Radio – Menduduki Jabatan strategis dalam perusahaan telekomunikasi nasional harus menguasai berbagai ilmu untuk bisa menghadapi berbagai tantangan yang terus berkembang.

 

Bagi seorang Chief Corporate Affairs XL Axiata  Marwan O. Baasir. Pendidikan sangat penting baginya, bahkan dirinya tidak malu untuk mengambil kuliah Hukum meski usianya sudah tidak muda lagi.

 

“Pendidikan merupakan ‘senjata’ dalam menghadapi tantangan. Ilmu yang telah didapat bisa menjadi modal mencari solusi ketika terantuk masalah.” Tuturnya.

 

Meski begitu, dia mengakui, kepintaran yang diasah tidak melulu intelegensi saja, Tangible dan intangible perlu sama-sama diasah. Apalagi, di bidang telekomunikasi, harus bertemu dengan banyak orang.

 

Marwan yang hobi berdiskusi dengan anak-anak muda ini merasa tidak boleh istirahat dalam menambah ilmu. Bahkan menurutnya, tantangan terberat saat ini adalah bersaing dengan kalangan milenial.

 

“Bagi saya, tantangan yang dihadapi sekarang adalah milenial. Jadi kalau kaum kolonial tidak belajar, bakal lewat dengan milenial. Jadi tubuh boleh tua, tapi harus lebih dari milenial,” paparnya.

 

Artinya, mengejar ilmu dan pendidikan tidak akan pernah rugi. Bahkan pendidikan yang didapat saat kuliah di jurusan hukum pun tetap masih digunakan hingga sekarang.

 

Buka hanya dibidang karir pekerjaan saja, dirimah pun hal yang sama juga tetap diberlakukan. “Saya memberi kebebasan kepada anak-anak untuk menentukan Pendidikan masing masing tanpa harus mengikuti jejak orang tua,” katanya.

 

Sabar juga menjadi kunci sukses yang dimiliki Marwan. Sejak kecil, Marwan mengaku selalu diwanti-wanti orang tuanya untuk selalu sabar.

 

“Saya dapat satu pelajaran dari ayah saya. Yaitu sabar,” tandasnya.

 

Marwan O Baasir merupakan lulusan Institut Sains Dan Teknologi Nasional jurusan Electrical and Electronics Engineering.

 

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke Universitas Gadjah Mada (UGM) mengambil Master of Law, Business Law Concentration dan di Universitas Pancasila, Bachelor of law, Law schools.

 

Selama karirnya Marwan O Baasir sudah menikmati berbagai pengalam luar biasa, yang sangat menarik untuk dijadikan panutan.

 

Ia sudah berpengalaman lebih dari 24 tahun bekerja di Industri Telekomunikasi dan IT. Termasuk pada posisi manajemen senior di perusahaan nasional, multinasional, dan perusahaan rintisan baru di Indonesia hingga Papua New Guinea.

Berikut sejumlah jabatan yang telah diemban Marwan O Baasir:

  1. Chief corporate affairs XL Axiata: Nov 2020 – present
  2. VP – Regulatory and Government Relations XL Axiata: Nov 2014 – Nov 2020
  3. Head of Regulatory and Goverment Relation XL Axiata: Jul 2012 – Oct 2014
  4. Executive Vice President – External Relation PT. Bakrie Telecom Tbk: May 2011 – Jun 2012
  5. Vice President – Business Development PT. Bakrie Telecom, Tbk: Jul 2008 – Apr 2011
  6. Director Green Communication Limited: Apr 2005 – Jun 2008
  7. General Manager Human Capital Management PT. Excelcomindo Pratama,Tbk: Jun 2004 – Mar 2005
  8. Business Strategy PT. Excelcomindo Pratama,Tbk: Sep 1999 – May 2004

(rls/shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button