in

MPD Pascasarjana UPGRIS Menggelar Webinar Series #1

Semarang, UP Radio – Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas PGRI Semarang menggelar Webinar series #1 tentang Pembelajaran Scientific Practices dan intelectuall Skill.

Direktur Pascasarjana Universitas PGRI Semarang Dr. Ngasbun Egar mengatakan webinar diselenggarakan secara online melalui zoom room dan live streaming youtube dan diikuti 1100 peserta.

“Webinar series #1 mengusung tema Ekosistem Baru Pembelajaran untuk Membekali Scientific Practices dan intelectuall Skill, dengan peserta dari dosen, mahasiswa dan guru dari sabang sampai merauke, bahkan terdapat peserta dari negara tetangga malaysia,” kata Ngasbun saat menjadi Keynoted speak.

Lanjut Ngasbun, acara webinar series #1 merupakan acara pertama dari serangkaian webinar yang akan diselenggarakan oleh Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UPGRIS.

Webinar series #1 menghadirkan narasumber Dr. Joko Siswanto, (Universitas PGRI Semarang), Dr. R. Wakhid Nurahdiarto (Universitas Muhammadiyah Purworejo), Dr. Sri Astutik (Universitas Jember) dan Dr. Suyidno  (Universitas Lambung Mangkurat).

Joko Siswanto yang juga Dosen Pendidikan Fisika Dasar UPGRIS, dalam paparannya mengangkat tema best praktis Digital ecosystem pembelajaran sains. “Paparan ini menjawab permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dialami oleh guru dan dosen selama melaksanakan pembelajaran berbasis online di masa pandemi ini sehingga webinar ini seakan menjadi oase ditengah problematika pembelajaran diera pandemi Covid 19,” terang Joko.

Best praktis Digital ecosystem pembelajaran sains dalam pembelajaranya harus dilengkapi dengan paparan strategi penyesuaian penertapan target/tujuan pembelajaran di masa pandemi, strategi pelaksanaan serta strategi evaluasi yang mengedepankan umpan balik yang efektif mengontrol motivasi dan partisipasi peserta didik.

Sementara itu Kaprodi Magister Pendidikan Dasar Pascarasjana Universitas PGRI Semarang Dr. Sumarno mengaku puas karena acara ini direspon positif oleh para peserta.

“Webinar series 2# rencananya akan kembali diselenggarakan dalam waktu dekat dengan mengusung tema “Keselarasan teaching-learning & parenting: Ekosistem baru pembelajaran ramah anak usia dini,” kata Sumarno.

Satu jam setelah selesai acara, video live streaming webinar series 1# juga bisa diakses di channel youtube “ide edu” yang ditonton lebih dari 1.800 kali. (shs)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Gubernur Akan Sampaikan Masukan PPDB ke Kemendikbud

Ninja Xpress Garap Pasar Ekspedisi di Batang dan Pekalongan