Sastra dan Budaya

Pemerintah Segera Bangun Padepokan Silat Gunung Talang

Semarang, UP Radio – Pemerintah Kota Semarang (Pemkot) Semarang merencanakan tahun 2022 akan membangun Padepokan Pencak Silat di Gunung Talang, di Kelurahan Bendan Duwur,  Kecamatan Gajahmungkur. Pembangunan padepokan silat ini akan digunakan sebagai tempat berlatih para atlet silat Kota Semarang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang, Suhindoyo mengatakan, pihaknya merencanakan pembangunan padepokan pencak silat di Gunung Talang Semarang di tahun 2022.

Nantinya, pedepokan itu akan dimanfaatkan untuk para atlet silat Kota Semarang untuk berlatih.

“Di situ nanti bisa dihidupkan kembali padepokan silat Gunung Talang yang saat ini kondisinya mangkrak dan rusak. Sebenarnya, lahan milik pemerintah kota Semarang ini bisa juga dipakai untuk wisata alam. Karena lokasi ini, berada di bukit yang ditumbuhi banyak pepohonan di sekelilingnya,”imbuhnya.

Untuk anggaran pembangunannya, ada di Distaru Kota Semarang. Sedangkan pembuatan Detail Engenering Desain (DED)-nya sudah jadi. “Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah skill, sehingga berprestasi di ajang event olahraga,”paparnya.

Salah satu warga Bendan Duwur, Suprihatin (47) mengatakan, ada rencana pembangunan padepokan silat di Gunung Talang dirinya menyambut dengan antusias. Dia berharap bangunan padepokan silat yang mangkrak dan rusak ini dibangun dan diperbaiki kembali. “Atapnya dibetulkan. Untuk digunakan arena pencak silat seperi dulu lagi. Karena sejak tahun 1998 tidak ada yang ngelola jadi mangkrak seperti ini, “katanya.

Dikatakan dia, sebelum rusak, dan gedung masih dipakai pencak silat masih ramai. “Dulu dipakai gedungnya untuk arena bertanding antar pelajar, dan perguruan silat. Tidak hanya se- kota Semarang saja, tapi yang ikut ada dari luar kota, seperti dari perguruan teratai putih, dan naga hitam,”pungkasnya. (ksm)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button