Berita

Pemkot Semarang Dapat Hibah Tiga Robot Pelayan Publik

Semarang, UP Radio – Tiga robot layanan publik karya Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Senin (10/5) diang dihibahkan ke Pemkot Semarang. Tiga robot tersebut diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro, Prof Yos Johan Utama dan diterima langsung oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Tim robotik Undip Semarang sempat unjuk gigi mempraktekkan cara kerja robot layanan publik yang dikendalikan melalui remot kontrol.

Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama mengatakan lewat robot ini, Universitas Diponegoro ingin ikut serta dan betkontribusi dalam memajukan kota Semarang. Menurutnya, tiga robot karya tim robotik Undip kali ini merupakan pengembangan dari robot-robot yang telah diciptakan sebelumnya. “Ada tiga robot yang hari ini kami serahkan termasuk robot antivirus atau zeta green,” kata Yos.

Tak menutup kemungkinan, lanjut Yos, jumlah robot yang akan dihibahkan ke Pemerintah Kota Semarang bisa saja bertambah, tujuannya demi mendukung kemajuan Kota Semarang.

“Kami akan selalu mendukung Pemkot Kok. Bahkan yang zeta green ini lisensinya sudah fabrikasi,” jelasnya.

Yang menciptakan robot ini, lanjutnya, adalah gabungan dari beberapa fakultas. “Fakultas yang bikin ini macam macam ya. Seperti salah satunya ada dari Fakultas Teknik. Ini karena penggabungan dari sisi mekanik dan komputer,” terang dia.

Ketua Pusat Unggulan IPTEK Teknologi Kesehatan CBIOM3S Undip Semarang Dr Rifky Ismail ST MT mengatakan Robot itu tak menutup kemungkinan dijual untuk masyarakat umum untuk keperluan tertentu.

“Harganya berkisar Rp 50 – 60 Juta,” beber Risky.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyambut baik hibah robot tersebut. Hal ini sebagai upaya mempercepat pelayanan publik di jajaran Pemerintah Kota Semarang, apalagi saat ini masih pandemi corona.

“Ini kan lagi pandemi corona. Orang pada enggan bersentuhan saat ada pelayanan publik. Robot ini bisa mencegah penularan dan meminimalisir kontak fisik,” kata Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu.

Menurutnya, ketiga robot ini akan ditempatkan di Lobi Kantor Wali Kota Semarang, Kantor DPMPTSP dan RSUD KRMT Wongsonegoro Semarang. (ksm)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button