in

Pemkot Semarang Siapkan 310 Ribu Paket Bantuan Lagi

Semarang, UP Radio – Di tengah Pandemi COVID-19, peringatan HUT Kota Semarang ke-473 pada 2 Mei 2020 digelar berbeda dari tahun sebelumnya. Jauh dari kegiatan yang melibatkan banyak orang di tempat terbuka, peringatan hari jadi Kota Semarang dilaksanaan dengan bentuk tele konferensi.

“Peringatan ulang tahun kota Semarang kali ini tidak dirayakan dengan hingar bingar, tidak dilakukan di tempat terbuka, tapi kita lakukan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi,” ungkap Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang.

Hendi pun mengikuti kegiatan peringatan hari jadi tersebut dari kediamannya, dengan tersambung ke berbagai elemen masyarakat di Kota Semarang, juga jajaran Forkompinda, dan DPRD Kota Semarang.  

Berbeda dari penyampaian sambutan di tahun – tahun sebelumnya yang penuh dengan seruan kepada masyarakat untuk ikut membangun kota,kali ini isi dari pidatonya lebih dominan terkait ajakan untuk masyarakat dapat tertib mendukung upaya penanangan COVID-19 di kota yang dipimipinnya tersebut.

Hal itu tentu saja relevan, mengingat walaupun Kota Semarang baru saja mendapatkan predikat sebagai kota dengan perencanaan dan pembangunan daerah terbaik di Indonesia, namun di tengah pandemi yang sedang dihadapi, fokus pada penanganan COVID-19 harus dikedepankan.  

Dirinya pun tak menampik bahwa kinerja pembangunan Kota Semarang pada tahun 2020 tak sama dengan tahun – tahun sebelumnya, karena besarnya tekanan pandemi COVID-19.

“Dalam berbagai pembangunan infrastruktur, kita mungkin tidak bisa melakukan pembangunan secepat di tahun 2019. Kebijakan anggaran kita curahkan 100% untuk penanganan covid-19,” tegas orang nomor satu di Kota Semarang tersebut.

Menurutnya, efisiensi dengan pemotongan anggaran pada sejumlah project yang direncanakan sebelumnya harus dilakukan, ini agar fokus pada upaya menyelematkan seluruh warga Kota Semarang, agar terhindar dari wabah COVID-19.

Upaya luar biasa Pemerintah Kota Semarang dalam mengatasi persoalan COVID-19, terlihat dari besarnya jumlah paket bantuan sosial kepada masyarakat yang disiapkan, menyusul diberlakukannya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Ibu Kota Jawa Tengah. Total pada bulan Mei 2020 ini, ada sekitar 310.000 paket bantuan yang akan didistribusikan.

“Sebanyak 170.000 dari Pemerintah Kota Semarang, 10.000 dari Presiden Jokowi, 36.000 bantuan sembako reguler dari Kemensos, selain itu juga ada 94.000 bantuan sosial tunai,” jelas Hendi.

Jumlah bantuan sosial di Kota Semarang sendiri bila dibandingkan dengan yang disiapkan kota – kota besar lainnya tergolong sangat besar. Hal ini tentu saja menjadi menarik, karena meskipun Kota Semarang tak memberlakukan PSBB, namun jumlah bantuan masyarakat yang akan didistribusikan 5 kali lipat lebih banyak dibanding daerah tingkat kota lainnya, yang hanya menyiapkan bantuan sosial untuk paling banyak 67.000 KK dengan skema PSBB. (ksm) 

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Bawaslu: Bansos Covid-19 Jangan Ada Gambar Paslon Walikota

Grafik Data Kesembuhan Covid-19 Semarang Capai 45,16 Persen