BeritaPendidikanWisata

PKPU Human Initiative Jateng Ajak Anak Yatim Wisata ke Jepara

Semarang, UP Radio – PKPU Human Initiatif Selenggarakan wisata edukatif Bersama 40 anak Yatim non panti dengan mengunjungi sejumlah tempat kerajinan di Jepara, seperti belajar menenun di daerah Tenun Troso dan menyaksikan seni ukir di Mulyoharjo dan di pantai Bandengan dalam menyambut bulan Muharrom.

Kepala Cabang PKPU HI Jawa Tengah M. Surur mengungkapkan anak yatim non panti peserta wisata edukasi berasal dari 3 wilayah, yaitu Kecamatan Banyumanik , Gayamsari dan Semarang Selatan, Kota Semarang.

“ PKPU HI sangat senang dan mengapresiasi keikutsertaan anak –anak yatim dalam program wisata edukasi ini, semoga anak – anak dapat belajar dan bermain dengan gembira, bisa berwisata sekaligus belajar dan mengenal tentang produk-produk unggulan Jawa Tengah,” katanya di Semarang (15/10).

Rombongan wisata edukasi berangkat dari kantor PKPU Jateng menuju Jepara dengan tujuan pertama mereka dapat belajar tentang tenun Troso, pada pemilik galeri tenun Endang, tentang tahapan proses tenun.

“Pertama adalah penyiapan benang yang akan di tenun, dibentuk pola dan pewarna. Setelah benang kering benang di pintal atau di gulung di jarum jarum yang akan di gunakan untuk menenun. Tahap akhir adalah pembuatan kain tenun mengunakan peralatan sederhana. Setiap satu orang dalam seharinya dapat menghasilkan kain tenun sepanjang 2 – 4 meter tergantung dengan kesulitan motif yang di buatnya,” papar Endang.

Perjalanan selanjutnya berkunjung ke sentra ukir di Mulyoharjo, anak – anak dapat melihat pembuatan dan jenis – jenis ukiran di sentra ukir jepara ini.

Di sentra ini anak – anak belajar bagaimana membuat ukiran sehingga menjadi ukiran yang bagus dan bernilai jual tinggi. Agenda terakhir anak- anak diajak bermain ke pantai Bandengan sebelum akhirnya kembali menuju kota Semarang. (PKPU/shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button