Semarang, UP Radio – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membantu para pelaku UKM untuk tetap eksis di tengah pandemi COVID-19 dengan mempromosikan aneka produk UKM dari berbagai daerah di Instagram Story miliknya secara gratis.
Setidaknya ada 100 jenis produk UKM yang dipromosikan Ganjar dengan hastag #LapakGanjar di storynya itu. Mulai aneka makanan seperti ayam goreng, sambal, sate, mete, kue, kopi, madu hingga produk kerajinan semisal batik, lukisan dan lainnya. Bahkan, aneka jasa seperti jasa pembuatan hadiah pernikahan hingga jasa pembuatan perabotan rumah tangga juga ditawarkan.
Salah satu pelaku UKM yang ikut nglapak di #LapakGanjar adalah Eva Rosalina Darmalaksana (32). Pemilik usaha sambal, tahu bakso dan lumpia ini tak menyangka Ganjar mempromosikan produk yang dijualnya itu.
“Awalnya saya dikasih tahu teman, terus saya coba pakai hastag #LapakGanjar. Eh ternyata beneran di _repost_ (diposting ulang) sama pak Ganjar,” kata warga Semarang ini.
Setelah produknya dipromosikan di Instagram Story Ganjar, Eva mengatakan langsung banjir pesanan. Ia pun begitu bersyukur memiliki Gubernur yang begitu peduli kepada rakyatnya.
“Ini bagus sekali, sangat membantu. Pak Ganjar kan followernya banyak, jadi pasti produk UKM yang dipajang mendapat banyak perhatian publik. Kami pelaku UKM sangat terbantu dengan program ini, soalnya kalau endorse artis atau selebgram itu biayanya mahal,” terangnya.
Hal senada disampaikan Ika Martina, pelaku UKM asal Sukoharjo. Ika yang juga salah satu pengikut akun Instagram Ganjar, langsung tertarik ketika ada info Ganjar nglapak di instagramnya.
“Ketika saya tahu pak Ganjar mau mempromosikan UKM setiap hari Minggu, saya langsung ikutan. Tadi saya posting produk rempeyek saya, alhamdulillah banyak yang antusias dan beberapa sudah tanya ke saya,” ucapnya.
Ika sangat mengapresiasi langkah Ganjar. Meskipun sederhana, namun langkah Ganjar mendedikasikan dirinya sehari untuk mempromosikan produk UKM di Jateng adalah wujud kepedulian pada pelaku UKM.
Ganjar sendiri memang sengaja membuat program #LapakGanjar itu. Menurutnya, banyak anak-anak kreatif di Jateng yang memiliki bisnis UKM yang harus terus didorong.
“Mereka punya ide dan produk yang bagus. Lalu saya berpikir apa yang bisa saya bantu, ternyata dengan banyaknya followers (pengikut) saya, saya bisa bantu memasarkan produk mereka di media sosial,” kata Ganjar.
Dibanding media sosial milik akun-akun pemerintah khususnya di Jawa Tengah, akun Ganjar memang paling banyak pengikutnya. Tercatat saat ini, Minggu (12/7/2020), ada 2,9 juta pengikut setia Ganjar di Instagram.
“Kalau bicara pemasaran digital, tentu jumlah pengikut memengaruhi. Makanya saya bantu secara individu agar mereka para pelaku UKM bisa berjualan,” terangnya.
Dengan langkah kecilnya itu, Ganjar berharap pelaku UKM bisa memperluas pangsa pasar produknya. Produk-produk UKM yang memang unggulan itu pasti akan dikenal banyak orang, sehingga kemungkinan pembeli akan semakin besar.
“Yang kemudian kita dorong adalah ayo kita beli produk teman sendiri, belanja dari warung tetangga. Itu pasti akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” tuturnya. (hum)