Kesehatan

Yang Harus Kamu Tahu Manfaat Konsumsi Jeruk Nipis

UP Radio – Siapa yang tidak mengenal jeruk nipis? Buah yang berbentuk bulatdan mungil ini biasanya kita gunakan untuk memberikan rasa masampada masakan. Ternyata, buah jeruk nipis memiliki banyakmanfaat untuk kesehatan. Di Indonesia, jeruk nipis sering dimanfaatkan untukmengatasi berbagai macam penyakit. Khasiat jeruk nipis dipercaya bisamenyembuhkan penyakit seperti disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, dan masih banyak lainnya. Setidaknya ada 7 manfaat jeruk nipisuntuk kesehatan yang akan kita bahas pada artikel ini.

1. Mengatasi Berbagai Macam Penyakit

Seperti yang telah kita singgung di awal, jeruk nipis dipercaya memilikikemampuan untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yangbisa diatasi oleh jeruk nipis adalah batu ginjal. Jeruk nipis efektif untukmencegah timbulnya batu ginjal. Buah ini mengandung sitrat yang tinggi dimanakandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh penderita batu ginjal karenamereka memiliki kadar sitrat rendah. Kandungan sitrat jeruk nipis lokalsepuluh kali lebih besar dibandingkan dengan kandungan sitrat pada jeruk keprokatau enam kali lipat dari jeruk manis.

Contoh penyakit lain yang bisa diatasi oleh jeruk nipis adalah batuk pilek.Jeruk nipis juga bisa menghilangkan gatal-gatal di tenggorokan. Biasanya jeruknipis diminum dengan sedikit campuran kapur sirih saat batuk dan pilek.

2. Memutihkan Kulit dan Menyehatkan Wajah

Manfaat jeruk nipis untuk wajah sudah merupakan hal yang diketahui olehbanyak orang. Buah ini adalah solusi untuk mereka yang ingin memutihkan kulitdan menjaga kesehatan wajah. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkankulit wajah yang putih dan halus. Pertama adalah dengan mengkonsumsi jeruk yangkaya kan vitamin C. Kedua, dengan mengusapkan potongan jeruk nipis pada wajahdan kulit atau bagian tubuh lain yang diinginkan secara rutin setiap hari.Jeruk nipis akan mengecilkan pori-pori kulit dan melenyapkan lemak pada kulitberminyak. Itu juga yang menjadi alasan mengapa buah ini disebut sebagai cara alami mengatasi jerawat.

3. Memerdukan Suara

Manfaat unik dari jeruk nipis lainnya adalah bisa memerdukan suara. Tidakpercaya? Coba lah mencampurkan jeruk nipis dengan air hangat. Lalu minumcampuran minuman tersebut setiap pagi. Dalam waktu singkat kita sudah akan bisamelihat hasilnya, yaitu suara yang lebih merdu.

4. Menjaga Berat Badan

Jika Anda ingin tetap langsing, mengkonsumsi jeruk nipis adalah salah satucara mudah yang bisa Anda lakukan. Buah ini bisa membantu kita untuk menjagaberat badan agar tetap ramping. Jadi, untuk menjalankan pola hidup sehat masukan jeruknipis ke dalam daftar buah yang harus dikonsumsi.

5. Membuat Rambut Berkilau

Buah ini juga memiliki manfaat untuk membuat rambut kita menjadi berkilau.Cara melakukannya juga sederhana. Kita cukup mencuci rambut dengan campuranperasan jeruk nipis. Dalam waktu yang singkat rambut kita akan menjadi halusdan berkilau.

6. Membasmi Ketombe di Kepala

Selain bisa membuat rambut menjadi halus dan berkilau, jeruk nipis jugaefektif membasmi ketombe di kepala. Untuk melakukannya, berikan perasan jeruknipis di kepala kita lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itukeramas untuk membersihkan kepala dan rambut kita. Seketika ketombe yang adaakan berkurang dan bahkan hilang.

7. Membuat Kuku Menjadi Cemerlang

Jika kita menggosok-gosokan air perasan jeruk nipis pada kuku, maka kukukita akan menjadi bersih dan cemerlang. Manfaat jeruk nipis yang satu ini bergunaterutama untuk mengatasi noda pada kuku yang sulit hilang.

Itulah tadi beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan jugakecantikan. Memanfaatkan buah ini untuk kesehatan memang tidak sulit.Mendapatkan jeruk nipis di Indonesia tentulah sangat mudah dan harganyapun murah. Jadi kita bisa mencobanya kapan saja. (kesehatan/shs)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button