in

Zona Integritas BPS Jateng Makin Menguatkan Kepercayaan Publik

Pencanangan 

Semarang, UP Radio – Pemerintah mengapresiasi pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jateng.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan Pencanangan itu menunjukkan komitmen dan keseriusan para pejabat dan pegawai BPS dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja dan pelayanan BPS.

“Bagaimanapun integritas maupun indeks korupsi bisa dimulai dari data. Kalau kita dapat memperbaiki dan menyajikan data dengan baik seperti BPS Jateng yang mengisinisiasi pencanangan pembangunan zona integritas. Ini harus kita dorong dan semoga menjadi langkah awal kita menuju integritas yang benar-benar berintegritas,” ujar Taj Yasin di Samarang (16/6).

Wakil gubernur menjelaskan, pembangunan zona berintegritas menuju WBK/WBBM di BPS dapat menguatkan kepercayaan publik terhadap data BPS yang menjadi rujukan untuk perencanaan pembangunan dan berbagai program pemerintah. Pelayanan BPS tidak hanya mudah, cepat, dan murah melainkan juga tuntas serta menyajikan berbagai data yang akurat dan dapat dipercaya.

Gus Yasin sapaan akrab Taj Yasin berharap pencanangan pembangunan zona integritas ini terus berlanjut. Terlebih di tengah pandemi covid-19 seperti sekarang. Tidak sedikit masyarakat yang mencari data tentang virus tersebut, termasuk berbagai dampak yang ditimbulkan dari covid-19 di berbagai bidang, seperti kesehatan, ekonomi, sosial dan lainnya.

Sementara Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah Sentot Bangun Widoyono mengatakan, BPS Jateng terus mendorong BPS di 35 kabupaten dan kota untuk melakukan upaya seperti yang dilakukan BPS Provinsi Jateng. Seperti Program Statistical Coaching Clinic (SCC) atau bimbingan singkat tentang statistik di setiap BPS kabupaten dan kota sudah berjalan.

Aplikasi One Touch Statistics (OTS) Jawa Tengah yang juga merupakan aplikasi mobile yang berisi data-data strategis dan terkini Jawa Tengah hingga level Kabupaten/Kota sudah banyak direplikasi dengan nama dan tampilan yang berbeda. (hum)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Baznas Peduli Bagikan 100 Face Shield untuk Pedagang

Pilkada di Jateng Harus Dilaksanakan Sesuai Protokol Kesehatan