in

Asah Berpikir Mahasiswa Dengan Lomba Menulis Resensi Film

Semarang, UP Radio – Menghadapi dunia digital yang serba cepat, mahasiswa dituntut semakin selektif memilah info serta bisa memahaminya dengan baik. 

Kemampuan membaca dan menulis rupanya tak menjanjikan mahasiswa mampu memahami bacaan atau informasi secara baik. Itulah sebabnya diperlukan upaya-upaya kongkrit untuk melatih mahasiswa agar memiliki kemampuan memahami yang baik.

“Antara kemampuan membaca dan menulis harus seimbang. Harus bisa memiliki kemampuan memahami persoalan. Pemahaman yang baik atas apa yang dibaca,” ungkap Wakil Rektor 1 Universitas PGRI Semarang, Dr.Sri Suciati, M.Hum saat membuka acara Lomba Menulis Resensi Film dan Lomba Membuat Poster di Gedung Perpustakaan Universitas PGRI Semarang (11/3)

Suci menegaskan dalam penulisan resensi bisa menjadi sarana untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam memahami sesuatu. “Menulis resensi bisa jadi cara mengeksplorasi kretivitas sekaligus membiasakan mahasiswa berpikir menyeluruh,” katanya.

Dalam sambutannya Suci juga membaca puisi karya Helvi Tiana Rosa yang berjudul Gadis Kecil dari Tepi Rel Kereta Api.

Sementara Kepala UPT Perpustakaan Dr.Endah Rita Sulistya Dewi, S.Si, M.Si menyebut lomba resensi sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. Namun, untuk tahun ini ada tambahan lomba poster. 

Dituturkan membuat poster juga bisa mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pesan secara menarik. Sedangkan menulis resensi memungkinkan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan memahami sesuatu secara lebih mendalam.

“Film termasuk media yang menampung banyak hal, ada gambar, suara, akting, juga dialog. Dengan demikian menonton film tak serta merta menilai ceritanya saja, tetapi harus menyeluruh. Ini membuat mahasiswa harus kritis dalam menilai,” ungkap Rita. 

Dalam menilai film mahasiswa harus jeli menangkap pesan-pesan di dalamnya. Total ada 12 finalis penulisan resensi serta 23 peserta lomba poster.

Keluar sebagai juara lomba resensi, Juara 1 Imam Abil Fida, mahasiswa Prodi PBSI, Juara 2 Eka Nunik Suharjanti, mahasiswa Pendidikan Biologi, dan Juara 3 Ikke Wulandari, mahasiswa Pendidikan Fisika. Untuk lomba poster, Juara 1 Panji Aji Kuncoro, mahasiswa Pendidikan PPkn, Juara 2 Syahni Romadhon, mahasiswa Pendidikan Matematika, Juara 3 Arsha Raulnadhi T, mahasiswa Informatika. (pai)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Waspada! Penderita DBD Selalu Meningkat Dimusim Penghujan

Dirjen Pajak Harapkan Mahasiswa Ikut Sosialisasikan Pajak