in

Cendikia FPMIPATI UPGRIS Bekali Guru Tehnik Pembuatan PTK

Semarang, UP Radio – Di masa pandemic Covid-19, Cendekia FPMIPATI Universitas PGRI Semarang konsisten mendampingi guru dalam pengembangan profesionalisme melalui program PPUPIK yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat RISTEK-BRIN.

Cendekia FPMIPATI Universitas PGRI Semarang menyelenggarakan Diklat Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara daring pola 32 JP menggunakan Zoom Meeting,  (5-8 Agustus), (18-19 Agustus) dan (25-26 September).

Direktur Cendekia Drs. Nizaruddin menuturkan PTK merupakan keharusan dan kebutuhan yang sangat penting bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang pendidik, terlebih di masa pandemic, dimana guru dituntut untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran secara daring.

“Nantinya dimasa mendatang guru dituntut untuk dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kuantitas proses pembelajaran terlebih dimasa pandemi yang lebih banyak dilakukan pembelajaran secara daring,” kata Nizaruddin.

Sementara Dekan FPMIPATI Universitas PGRI Semarang Dr. Nur Khoiri, dalam sambutannya memberikan arahan bahwa pembelajaran secara daring di masa pandemi Covid-19 harus menjadi peluang bagi guru untuk membuat PTK.

Ia berharap dimasa pandemi ini, Guru tidak boleh berputus asa dalam pengembangan dan inovasi pembelajaran secara daring.

“FPMIPATI UPGRIS berkomitmen untuk selalu mendampingi dan memfasilitasi guru untuk meningkatkan profesionalisme guru,” tambah Nur Khoiri.

Diklat Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman dalam penyusunan Penelitian Tindakan Kelas yaitu Dr Fenny Roshayati, Dr Sumarno, Dr Muhammad Syaiful Hayat, Dr Muhtarom dan Aryan Eka P.N, M.Pd serta Irkham Ulil Albab, M.Pd.

Pada kesempatan tersebut setiap  narsumber memberikan materi dan pendampingan langsung kepada peserta diklat bagaimana memperoleh tema PTK, identifikasi masalah PTK, perumusan judul dan perumasalah masalah PTK dan teknik manajemen referensi.

Di akhir workshop manajer Pendidikan Cendekia FPMIPATI Dr Muhtarom, mengatakan kegiatan Diklat akan rutin dilakukan oleh cendekia FPMIPATI, diantaranya dalam waktu dekat akan diselenggarakan Diklat Pembuatan Artikel Ilmiah untuk publikasi di Jurnal Nasional ber-ISSN. (shs)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Libur Panjang, Pertamina Siagakan Stok BBM & LPG di Jawa Tengah

PLN Salurkan Bantuan untuk 75.000 Anak Yatim dan Dhuafa