in

UPGRIS Berhasil Loloskan 20 Proposal PKM Tahun 2020

Semarang, UP Radio – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) berhasil loloskan 20 proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2020.

Rencananya Proposal PKM yang disetujui nantinya akan didanai Belmawa Kemdikbud, dari total 4.225 proposal se Indonesia.

Wakil Rektor III UPGRIS Drs Nizarudin MSi  mengatakan Ajang PKM 5 bidang di tahun 2020, UPGRIS sudah langganan meloloskan di tiap tahunya.

“Bahkan UPGRIS juga pernah meraih peringkat pertama atau tertinggi se Jawa Tengah,” ujar Nizarudin.

Menurut Nizam tujuan PKM yang diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswwaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjendikti) diantaranya  menjadi mahasiswa yang kreatif, inovatif, kritis, serta membangun keragaman intelektual.

PKM UPGRIS yang berhasil diantaranya PKM Kewirausahaan (PKM-K) , PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM GFK) dan PKM Gagasan Tertulis (PKM GT) serta PKM Penelitian Eksakta (PE).

“Beberapa nama mahasiswa penerima pendanaaan dari proposal PKM,diantaranya Afif Kholifah (PKM-K), Mona Rizqa (PKM-KC), Klarisa Aulia Rahma (PKM-M), Sinta Dewi Nur Aini (PKM -PSH), dan Siti Mukhoiyaroh (PKM-PE), Dila Nilautama (PKM GT) serta Nur Kholisviani (PKM GFK),” tambahnya.

Wakil Rektor III UPGRIS juga bersyukur atas capain mahasiswa UPGRIS yang lolos 20 Proposal PKM tahun 2020. “Jumlah tersebut merupakan peningkatan yang bagus di tengah pandemi Covid-19 ini. Kegiatan ini merupakan tolak ukur prestasi mahasiswa dibidang ilmiah yang bersinggungan langsung dengan masyarakat, ” katanya.

Melalui kegiatan ini juga untuk mengasah kemampuan mahasiswa diberbagai bidang keahlian. Semoga di tahun berikutnya proposal PKM dari UPGRIS terus meningkat.

UPGRIS terus berupaya untuk memberikan banyak strategi agar budaya akademik serta penelitian di lingkungan mahasiswa bergairah. Adanya sentra PKM yang dibentuk oleh kampus tentu salah satu cara agar para mahasiswa mendapatkan informasi serta bimbingan secara optimal.

Rektor UPGRIS Dr Muhdi SH MHum bersyukur atas capaian PKM tahun 2020 yang telah meloloskan 20 proposal. Hal ini menjadi salah satu keberhasilan proses pembinaan mahasiswa yang berkelanjutan.

“Capaian ini bentuk tanggung jawab kampus untuk memberikan bekal pengalaman kompetisi yang bergengsi. Sebab, berikutnya mahasiswa UPGRIS yang lolos akan melaju ke tingkat Nasional. Ada berbagai strategi yang telah disiapkan oleh tim serta pembimbing yang sudah berpengalaman. Motivasi serta semangat dari para mahasiswa menjadi modal bagi kampus untuk terus menargetkan lolos nasional,” ungkap Muhdi.

UPGRIS berharap meningkatkan jumlah proposal yang akan diikutkan di tahun berikutnya. Mengoptimalkan program studi hingga memilih dosen pembimbing yang berpengalaman serta berkompeten. (shs)

Written by Saut Simanjuntak

my life my adventures
i'm always strong

Comments

Leave a Reply

Loading…

0

Sambut HUT RI ke-75, Pertamina Gelar Promo Pembelian BBM & LPG

JNE Topping Off Pembangunan Mega Hub